twitter
rss

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan       : SMA                                                            
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : X/satu
Materi Pokok             : Narrative text
Skill                             : Listening
Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit


     A. Kompetensi Inti      
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegeraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmu
 



















 
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1        Mengungkapkan rasa syukur karena masih diberi kesempatan dapat belajar bahasa inggris.
2.




3







4














2.1




3.1







4.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.




Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita pendek sederhana.


2.1.1     Menyapa guru dan teman dengan rasa santun



3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks naratif secara lisan

3.1.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks naratif secara lisan

4.1.1 Mengidentifikasi isi cerita pada teks naratif secara lisan

4.1.2 Mengidentifikasi karakter peran pada teks naratif secara lisan

4.1.3 Mengidentifikasi setting dalam teks naratif secara lisan





C.       Tujuan Pembelajaran  
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
3.1.1.1
Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks naratif dengan diperdengarkan audio secara lisan dengan tepat
3.1.2.1
Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks naratif dengan diperdengarkan audio secara lisan dengan tepat
4.1.1.1
Mengidentifikasi isi cerita pada teks naratif dengan diperdengarkan audio secara lisan dengan tepat.
4.1.2.1
Mengidentifikasi karakter peran pada teks naratif dengan diperdengarkan audio
secara lisan dengan tepat.
4.1.3.1
Mengidentifikasi setting dalam teks naratif dengan diperdengarkan audio secara
lisan dengan tepat.


D.       Materi Pembelajaran 
-          Narrative Text Berbentuk Legenda Rakyat
Fungsi Sosial         :   
Untuk menghibur pembaca atau pendengar dengan cerita nyata maupun hayalan dalam bentuk legenda rakyat.
Struktur Teks       :   
·         Orientation (the introduction of the characters in the story as well as time and place of occurrence)
·         Complication (overview of the emergence of crises or problems experienced by the characters in the story that must be solved )
·         Resolution (characters from a story about how the solve the problems that exist in the Complication )  

Unsur Kebahasaan: 
·         The use of noun phrase
·         The use of connectives
·         The use of adverbial phrase of time and place
·         Using action verb
·         Verbal processes
·         Mental processes
·         Thinking verbs
·         Feeling verbs
·         Verbs of sense
·         Using simple past tense

E.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Metode ilmiah ( Scientific Approach )
Strategi            : Dicsovery Learning

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
 Media :
-            Komputer, LCD dan Laptop
SumberBelajar :
-          readingnarrative.blogspot.com/2010/07/language-features-of-narrative.html?m=1
(Sabtu, 12 Juli 2012)
-          Sumber lain yang relevan.

G.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

1.        Pendahuluan  (10 menit )
1)      Guru memberi salam.
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3)      Guru menyiapkan peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
4)      Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa.
5)      Guru mengajak peserta didik untuk bermain ice breaking bersama
6)      Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
7)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
8)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

2.        Kegiatan inti (70 menit)
Observing :
1)        Peserta didik mengamati video dan menjawab pertanyaan mengenai video tersebut.
2)        Peserta didik diperdengarkan audio dan mengisi teks rumpang

Questioning :
1)         Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan tentang unsur kebahasaan dalam teks
2)        Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik merumuskan pertanyaan tentang jenis tenses yang digunakan dalam teks

Associating :
3)      Peserta didik diperdengarkan audio tentang legenda suatu tempat kemudian mengisi kolom tentang generic struktur text berdasarkan audio kemudian menjawab pertanyaan.
4)      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks).

Experimenting :
5)      Peserta didik menjawab pertanyaan “True” or “False” berdasarkan text dari audio.
6)      Peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan text dari audio.


3.        Penutup (10 menit)
1)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengapresiasi sebuah lagu.
4)   Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

 H. Penilaian
1.         Pengetahuan
a.         Teknik Penilaian       : Tes tulis
b.        Bentuk Instrumen    : Tes mendengarkan
c.         Rubric penilaian       :

No.
Uraian
Skor
I.
Jawaban benar
Jawaban salah / tidak dijawab
2
0
II.
Jumlah soal
5

d.        Pedoman penskoran:
1.        Setiap jawaban benar diberi skor 5 (lima)
2.        Jumlah skor maksimal 2 x 5 = 10
Jumlah skor maksimal I
Jumlah skor maksimal II
     20                    x 10
 
                                   
                      
3.        Nilai siswa
                        
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

                                                                                                ..........., .............................. 2014  Mengetahui                                                                      
Kepala SMA                                                                                       Guru Mata Pelajaran


________________________                                                            ________________________           
NIP. …                                                                                   NIP. …                                                         













                                                                       
 

0 komentar:

Posting Komentar