RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/satu
Materi Pokok : Narrative text
Skill : Listening
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegeraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya
untuk memecahan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmu
|
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi
internasional yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
1.1.1
Mengungkapkan rasa syukur karena
masih diberi kesempatan dapat belajar bahasa inggris.
|
2.
3
4
|
2.1
3.1
4.1
|
Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif sederhana
berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Menangkap
makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita pendek sederhana.
|
2.1.1 Menyapa
guru dan teman dengan rasa santun
3.1.1
Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks
naratif secara lisan
3.1.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan
teks naratif secara lisan
4.1.1 Mengidentifikasi
isi cerita pada teks naratif secara lisan
4.1.2
Mengidentifikasi karakter peran pada teks naratif secara lisan
4.1.3
Mengidentifikasi setting dalam teks naratif secara lisan
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah melaksanakan
serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta
didik
dapat:
|
|
D.
Materi Pembelajaran
-
Narrative Text Berbentuk Legenda Rakyat
Fungsi
Sosial :
Untuk
menghibur pembaca atau pendengar dengan cerita nyata maupun hayalan dalam bentuk
legenda rakyat.
Struktur Teks :
·
Orientation (the
introduction of the characters in the story as well as time and
place of occurrence)
·
Complication (overview
of the emergence of crises or problems experienced
by the characters in the story that must be solved
)
·
Resolution (characters
from a story about
how the solve the
problems that exist in the
Complication )
Unsur Kebahasaan:
·
The use of noun phrase
·
The use of connectives
·
The use of adverbial phrase of time and place
·
Using action verb
·
Verbal processes
·
Mental processes
·
Thinking verbs
·
Feeling verbs
·
Verbs of sense
·
Using simple past tense
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Metode ilmiah ( Scientific
Approach )
Strategi : Dicsovery Learning
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media :
-
Komputer, LCD dan Laptop
SumberBelajar :
-
readingnarrative.blogspot.com/2010/07/language-features-of-narrative.html?m=1
(Sabtu, 12 Juli 2012)
-
Sumber lain yang relevan.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (10 menit )
1)
Guru memberi salam.
2)
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3)
Guru menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan mengajak peserta didik
untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
4)
Guru mengajak peserta didik untuk
mengawali kegiatan dengan berdoa.
5)
Guru mengajak peserta didik untuk
bermain ice breaking bersama
6)
Guru mengajukan pertanyaan tentang
kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
7)
Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar
yang akan dicapai.
8) Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
2.
Kegiatan inti
(70 menit)
Observing
:
1)
Peserta didik mengamati video dan
menjawab pertanyaan mengenai video tersebut.
2)
Peserta didik diperdengarkan audio dan
mengisi teks rumpang
Questioning
:
1)
Dengan bimbingan dan arahan guru, peserta didik
merumuskan pertanyaan tentang unsur kebahasaan dalam teks
2)
Dengan bimbingan dan arahan guru,
peserta didik merumuskan pertanyaan tentang jenis tenses yang digunakan dalam
teks
Associating :
3) Peserta
didik diperdengarkan audio tentang legenda suatu tempat kemudian mengisi kolom
tentang generic struktur text berdasarkan audio kemudian menjawab pertanyaan.
4) Guru
memberikan umpan balik terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi yang
dipelajari (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks).
Experimenting :
5) Peserta
didik menjawab pertanyaan “True” or “False” berdasarkan text dari audio.
6) Peserta
didik menjawab pertanyaan berdasarkan text dari audio.
3.
Penutup
(10 menit)
1)
Guru dan siswa secara bersama-sama
membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa
untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah
mereka lakukan.
3)
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
mengapresiasi sebuah lagu.
4)
Guru menjelaskan rencana kegiatan
pembelajaran yang akan datang.
H.
Penilaian
1.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes tulis
b.
Bentuk Instrumen : Tes mendengarkan
c.
Rubric
penilaian :
No.
|
Uraian
|
Skor
|
I.
|
Jawaban benar
Jawaban salah / tidak dijawab
|
2
0
|
II.
|
Jumlah soal
|
5
|
d.
Pedoman
penskoran:
1.
Setiap
jawaban benar diberi skor 5 (lima)
2.
Jumlah
skor maksimal 2 x 5 = 10
|
3.
Nilai siswa
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
..........., .............................. 2014 Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
________________________ ________________________
NIP.
…
NIP. …