RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester : XI/1 (satu)
Materi Pokok : Procedure Text
Skill : Reading
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (2 JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 :
KI 2 :
KI 3 :
KI 4 :
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsadalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dankejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1.
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa
inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
|
1.1.1
Mengungkapkan rasa syukur karena masih diberi kesempatan dapat belajar bahasa
inggris.
|
2.
|
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
|
2.2.1
Menyapa guru dan teman dengan rasa
santun.
|
3.
|
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsure kebahasaan dari teks prosedur
berbentuk manual dan kiat-kiat (tips),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.6.1
Mengidentifikasi fungsi social dan struktur teks procedure secara tertulis
3.6.2
Mengidentifikasi unsure kebahasaan dalam teks procedure secara tertulis
|
4.
|
4.9
Menangkap makna teks prosedur,
lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
|
4.9.1
Mengidentifikasi gagasan utama dalam teks procedure sacara tertulis
4.9.2
Mengidentifikasi makna explicit dan implicit dalam teks procedure secara
tertulis
4.9.3
mengidentifikasi pesan dalam teks procedure secara tertulis
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
3.1.1.1
|
Mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks procedure
berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru secara tertulis dengan tepat
|
3.1.2.1
|
Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks procedure berdasarkan
pertanyaan pengarah dari guru secara tertulis dengan tepat
|
4.1.1.1
|
Mengidentifikasi gagasan utama
dalam teks procedure
berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru secara tertulis dengan
tepat.
|
4.1.2.1
|
Mengidentifikasi makna explisit dan implisit pada teks procedure berdasarkan
pertanyaan pengarah dari guru secara tertulis dengan tepat.
|
4.1.3.1
|
Mengidentifikasi pesan dalam teks prosedure berdasarkan pertanyaan pengarah
dari guru secara tertulis dengan tepat.
|
D. Materi Pembelajaran
- Prosedure
Text
Fungsi
Sosial :
- Untuk menjelaskan bagaimana sesuatu dibuat melalui urutan tindakan atau langkah.
Struktur
Teks :
a. Goal
(something to achieve)
b. Material/ingredient
(things we needed to achieve the goal)
c. Steps
(activities to achieves the goal)
Unsur
Kebahasaan :
S Using Simple Present Tense.
S Using an imperative form ( Prepare
mushrooms, add some sugar, etc.)
S Using temporal conjunction (connectives)
: ( First, firstly, second, secondly, then, after that … etc )
S Using action verb (material process) : (
take, put, cut, pour, etc. )
S Using adverbials to clarify the time, place,
or manner ( wait for fifteen minutes, mix thoroughly, stirring gently, etc.)
S Generalized human is “you”, but with
implicitly (add salt and grind all spices (It is mean that the subject is
“you”, so it is not really important to be written).
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Metode Ilmiah ( Scientific Approach )
Strategi : Discovery Learning
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media : Gambar, LCD, dan Laptop
Sumber : “ When English Rings the Bell “ ,
Internet, sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan ( 10 menit )
1) Guru
memberi salam.
2) Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3) Guru
menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran dengan mengajak peserta didik
untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
4) Guru
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa.
5) Guru
mengajak peserta didik untuk bermain ice breaking bersama
6) Guru
mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
7) Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
8) Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
2. Kegiatan Inti ( 70 menit )
Observing :
1) Peserta
didik mengamati gambar yang tersedia dan menjawab pertanyaan berdasarkan
gambar.
2) Peserta
didik menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang tersedia.
Questioning :
1) Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan mengapa generic
structure dalam procedure text harus terdiri dari goal, material dan steps.
2) Dengan
bimbingan dan arahan guru, peserta didik mempertanyakan mengapa dalam procedure
text harus memakai simple present tense.
Associating :
1) Peserta
didik menyusun kalimat acak secara berpasangan.
2) Guru
memberikan umpan balik terhadap pemahaman peserta didik terhadap materi yang
dipelajari (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks).
Experimenting :
1)
Peserta didik mengisi kalimat rumpang yang terdapat
pada teks procedure yeng tersedia.
2) Peserta
didik menjawab pertanyaan True or False berdasarkan teks procedure yang
tersedia.
3. Penutup (10 menit)
1)
Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan
bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu
mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengapresiasi
sebuah lagu.
4)
Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang
akan datang.
H. Penilaian
1.
Sikap spiritual dan sosial
a.
Jenis/Teknik
Penilaian : Non tes
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar pengamatan
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Rasa syukur setiap saat
mendapat kesempatan belajar
bahasa Inggris
|
Lampiran 1
|
2.
|
Santun
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran 1
e.
Pedoman Penskoran:
2.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Pilihan Ganda
c.
Kisi-kisi
:
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Disajikan
teks prosedure tertulis, peserta
didik dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
|
Soal No. 1
|
|
Disajikan
teks prosedure tertulis, peserta
didik dapat menentukan struktur
teks dengan benar.
|
Soal No. 2
|
|
Disajikan
teks prosdure tertulis, peserta
didik dapat menentukan unsur
kebahasaan dengan benar.
|
Soal No. 3 – 5
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran 2
e.
Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1
(satu)
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
..........., ..............................
2014 Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
________________________ ________________________
NIP. …
NIP. …
13 Oktober 2019 pukul 23.50
thank you so much for the RPP. ^_^